oleh

91 Tahun Sumpah Pemuda, Sejumlah Tokoh Pemuda Sampaikan Pesan dan Harapan

JAKARTA, Siaranindonesia.com- Mantan Pengurus Pusat KAMMI Kartika Nur Rahman, mengatakan bahwa semangat zaman di Indonesia nampaknya berubah dalam setiap putaran 20 tahun. Hal itu dapat dilihat dari beberapa peristiwa besar yang ada di Indonesia mulai dari sumpah pemuda pada tahun 28 Oktober 1928 sampai gerakan reformasi 1998.

“Semangat zaman di Indonesia berubah dalam setiap putaran 20 tahun. Pemuda selalu membuat Block Historis yaitu membuat aliansi untuk kemajuan sebuah bangsa dan negara,” kata Kartika saat menjadi narasumber seminar sehari Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) yang bertajuk “Peran Pemuda dalam Menghadapi Masalah Media Sosial dan Tantangan Keamanan Serta Persatuan Nasional” di Hotel Green Alia Cikini, Jakarta, Rabu(30/10/2019).

Pada acara yang sama ketua umum PB HMI 2015-2017 Mulyadi P Tamsir menjelaskan sumpah pemuda merupakan momentum lahirnya negara Indonesia. Ia juga menambahkan bahwa tidak akan pernah ada sebuah kejadian tanpa impian atau cita-cita seperti sumpah pemuda.

“Kalau gak ada sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 mungkin gak ada Indonesia,” jelasnya.

Menurut Mulyadi, Indonesia berpotensi menjadi negara yang besar seperti negara adidaya. Hal itu akan terjadi apabila pemuda mempunya impian atau cita-cita.
“Indonesia ada potensi untuk menjadi negara yang besar,” imbuhnya.

News Feed