oleh

Kader PKPNU Ikut MKNU Jadi Lebih Sempurna

Organisasi NU mengenal sejumlah model atau format pengkaderan. Tiap model pengkaderan, dikatakan Kiai Abdul Haris, sekretaris Lakpesdam NU Kebumen, memiliki kekurangan dan kelebihan. Dikatakan, kekurangan dan kelebihan tersebut sebagai bentuk upaya kerja keras pengurus organisasi NU demi warga Nahdliyin.

Tentunya, lanjut Haris, terkait adanya kekurangan dalam suatu format pengkaderan tertentu, karena pada dasarnya semua itu lahir dari tangan manusia yang penuh dengan kekurangan. Sehingga perbaikan format serta beragam format pengkaderan sebagai bentuk upaya optimal para pengurus NU.

“Perubahan dan perbedaan antar satu format pengkaderan dengan format pengkaderan yang lain, itu bentuk nyata keseriusan pengurus NU melihat dinamika serta perubahan era manusia pada umumnya, dan warga NU pada khususnya,” jelasnya.

Sehingga, dijelaskan Haris, harus diakui dan disadari kenyataan ini. Semua warga NU tentu mengakui ini, kecuali yang pura-pura NU walapun menyamar sebagai pengurus NU.

Lebih lanjut dikatakan, sehingga apabila ada warga NU yang sebelumnya telah mengikuti PKPNU, lalu mengikuti MKNU, tentu itu hal yang baik, suatu upaya menjadi warga NU yang lebih sempurna. Tapi pun pernah mengikuti PKPNU tapi merasa tak mampu untuk mengikuti MKNU karena dirasa materi MKNU terlalu berat, dikatakan Haris agar tidak perlu dipaksakan.

Paparnya, PKPNU format pengkaderannya tertutup, saat ini sertifikat PKPNU tidak dikeluarkan oleh PBNU melainkan oleh PWNU serta PCNU dan MWCNU. Berbeda dengan MKNU, sertifikatnya terpusat dari PBNU, format pengkaderannya terbuka, ada sejumlah buku khusus MKNU.

“Hemat saya, PKPNU itu model pengkaderan yang dibutuhkan oleh warga NU. Adapun MKNU lebih menyempurnakan apa yang tidak ada di PKPNU. Sehingga, format pengkaderan MKNU lebih diprioritaskan untuk pengurus karena melihat sistem pengkaderan MKNU tidak mudah. Sehingga, yang ikut MKNU jika bukan pengurus dikuatirkan akan dirasa cukup berat materi dari MKNU. Saya katakan lagi, kader PKPNU akan jadi sempurna dengan mengikuti MKNU,” tambahnya.

News Feed