oleh

Yakini Menang, TKN Bahas Calon Menteri Muda di Kabinet

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) membenarkan isi pertemuan dengan Jokowi salah satunya membahas kabinet. Wakil Ketua TKN Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Johnny G Plate mengatakan, dalam pertemuan kemarin, pertama membahas soal hasil quick count Pilpres 2019 yang menunjukkan pertanda positif bagi kemenangan Jokowi.

“Dibicarakan soal hasil quick count, trennya positif dan kira-kira terpercaya. Tapi kami menunggu hasil KPU. Nah, kami harus mulai menyiapkan gimana menerjemahkan visi-misi secara lebih teknis,” kata Johnny dalam keterangannya, Selasa (30/4/2019).

Ia menyebut saat ini Koalisi Indonesia Kerja (KIK) mulai menggodok sejumlah hal terkait visi-misi baru Jokowi. Menurut Johnny, pada periode 2019-2024, Jokowi bakal menitikberatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“Tentu kalau ngomongin itu ada konsekuensinya karena ada pergeseran titik tekan baru, dari ekonomi dan infrastruktur ke SDM. Maka spesifikasi calon pejabatnya juga bergeser agar sesuai dengan kebutuhan visi dan misi tersebut, sehingga nanti efektif dalam menjalankan tugas-tugasnya,” jelasnya.

Namun Johnny menegaskan pembicaraan terkait kabinet itu baru dibahas secara umum. Ia mengatakan tidak ada istilah pembagian kekuasaan. Hanya, kata Johnny, KIK mendorong keterlibatan generasi muda di dalam kabinet.

“Tidak menyebut nama. Baru dibahas secara umum bagaimana kebutuhan kabinet yang bisa nanti menjabarkan visi-misi secara tepat dan efektif,” ujar dia.

“Termasuk juga dibicarakan bagaimana regenerasi kepemimpinan para menteri atau calon menteri yang masih segar-segar, tokoh-tokoh muda untuk melibatkan ke dalamnya. Tapi kami tidak ngomong soal bagi-bagi kekuasaan,” kata Johnny.

Sebelumnya diketahui, Jokowi bertemu dengan TKN di Rumah Heritage Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (28/4) malam. Pertemuan diwarnai momen penuh tawa antara elite TKN dan Jokowi. Hal tersebut lantaran para elite TKN menyalami dan hormat ke Jokowi sambil menyapa ‘siap Presiden’.

News Feed