oleh

Kepedulian Asphurindo Terhadap Wisata Halal

Jakarta – Semakin pesatnya perkembangan wisata halal, Asosiasi Penyelenggara Haji Umroh dan In-Bound Indonesia (Asphurindo) mengadakan Pelatihan Dasar Wisata Halal bagi pimpinan dan staf penyelenggara perjalanan. Pelatihan ini digelar di Hotel Sofyan Cut Mutia, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/3/2019).

“Ini merupakan kegiatan Pelatihan Dasar Wisata Halal kedua yang digelar Asphurindo tahun ini. Bulan lalu juga kita mengadakan kegiatan seperti ini, dengan harapan para penyelenggara bisa bersaing dengan para travel umum,” jelas Ketua Umum Asphurindo, Magnatis Chaidir.

Menurut Magnatis, kegiatan ini merupakan salah satu program Asphurindo yang secara periodik terus dilakukan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia seluruh anggota Asphurindo maupun para pemilik penyelenggara perjalanan diluar Asphurindo.

Magnatis sendiri sebagai Ketua Umum Asphurindo mengaku merasa khawatir jika pasar wisata halal yang sangat besar ini, sebagai pelaku usaha muslim tidak mengambil bagian dan perannya masing-masing. Pelatihan Dasar Wisata Halal ini meliputi pelatihan dasar bagi para penyelenggara terkait dengan wisata ke luar negeri (outbound) maupun wisata ke dalam negeri (inbound).

“Syiar Asphurindo untuk wisata halal mencakup ke seluruh dunia, meliputi ASEAN yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam. Lalu kawasan Asia seperti Korea, Jepang, Hongkong, Shenzen Macau, Cina. Kemudia Eropa seperti Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Utara dan Turki. Amerika dan Inggris. Timur Tegah meliputi Palestina, Yordania, Mesir, Qatar, Uni Emirat Arab, lalu Rusia dan Uzbekistan. Kemudia kawasan Andalusia yaitu Spanyol Maroko serta Australia dan New Zealand,” urai Magnatis.

Lebih lanjut, Magnatis menjelaskan bahwa idealnya wisata halal meliputi beberapa hal, seperti travelnya muslim, tour plannernya muslim, tour leadernya muslim, local guidenya muslim, tamunya muslim, makan cara muslim dan shalat sebagai muslim.

Ia juga menjelaskan bahwa prinsip wisata halal yaitu menjaga para peserta tidak melakukan perbuatan syirik yang bisa membatalkan keislamannya, menyediakan waktu dan fasilitas untuk sholat, menyediakan makanan halal, menjaga agar peserta tidak melakukan perbuatan maksiat seperti berjudi dan prostitusi.

Dalam waktu dekat, Asphurindo juga akan mengadakan pelatihan yang berguna untuk para penyelenggara perjalanan seperti pelatihan multimedia, pelatihan perpajakan dan lainnya.

News Feed