oleh

Dubes RI untuk Selandia Baru Sambut Kedatangan Ketua DPR RI di Wellinton

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo tiba di Wellinton Rabu pagi (7/11) bersama rombongan muhibah Ketua DPR RI disambut Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya.

Kedatangan Ketua DPR Bamsoet yang didampingi wakil ketua komisi III Mulfachri, dan anggota Komisi III Masington Pasaribu, Akbar Faisal, Aboebakar Alhabsy, Ahmad Sahroni dan anggota komisi XI Ahmadi Noor Supit, Muhamad Misbhakun serta Staff Khusus Ketua DPR Yoris Raweyai itu akan menutup rangkaian peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Selandia Baru yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada bulan Maret yang lalu. Seperti diketahui, dalam memperingati ulang tahun tersebut, Kedutaan Besar RI di Wellington telah melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya seminar publik, pameran foto, panggung seni dan lain sebagainya di berbagai kota. Rangkaian perayaan tersebut dibuka dengan kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo bulan Maret lalu yang mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Indonesia yang berada di Selandia Baru. Dan sebagai penutup, KBRI telah menyiapkan program khusus, konser persahabatan yang berjudul “The Symphony of Friendship”.

Untuk pertama kalinya sebuah konser istimewa dipersiapkan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bagian dari Pasifik yang berbagi kesamaan budaya dan adat istiadat. Dubes RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya meyakini konser yang akan mengkolaborasikan musik Maori (suku asli di Selandia Baru) dengan musik dari Indonesia bagian timur ini akan semakin memperkuat tali persaudaraan kita dengan bangsa-bangsa di Pasifik.

The Symphony of Friendship akan berlangsung di gedung pertunjukan ikonik di Wellington, The Opera House, menampilkan tiga penyanyi dari Indonesia; Edo Kondologit, Gita Gutawa dan Andmesh Kamaleng serta 2 penyanyi dari suku Maori; Maisey Rika dan Tama Waipara. Kesemuanya akan diiringi oleh Wellinton Orchestra, salah satu orkestra ternama di Selandia Baru. Konser berdurasi 90 menit ini akan mendaulat Erwin Gutawa sebagai aranjer sekaligus konduktor orkestra.

KBRI Wellington optimis konser ini akan dipadati oleh 1.300 penonton yang setengah diantaranya adalah pelajar di Wellington. “Para pelajar yang rata-rata berusia 15 tahun adalah pemilik masa depan hubungan Indonesia-Selandia Baru. Semakin dini mereka mengenal Indonesia maka semakin cepat mereka akan jatuh cinta.” Jelas Tantowi.

Penyelenggaraan konser Persahabatan yang baru pertama kalinya ini disambut baik oleh beberapa kementerian dan lembaga terkait di Indonsia. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo yang sudah tiba di Wellington akan secara langsung hadir dan memberikan sambutannya di konser tersebut bersama Ketua Parlemen Selandia Baru, Trevor Mallard. Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengapreasi inisiatif ini karena akan semakin memuluskan diplomasi Indonesia di wilayah Pasifik khususnya Pasifik Selatan. Beliau juga memberikan pujian atas berbagai upaya KBRI Wellington dalam melakukan Total Diplomacy yang out of the box.

News Feed