oleh

Jupiter Tour And Travel Spesialis Land Operator

Jakarta – Jupiter Tour and Travel memberikan fasilitas dan kemudahan bagi setiap travel agent dalam memberikan paket wisata ke berbagai destinasi.

Direktur Utama Jupiter, Julia Gandi, menceritakan kiprah Jupiter dalam bisnis tour and travel di Indonesia. Menurutnya, Jupiter merupakan representative office di Indonesia yang mewakili perusahaan-perusahaan luar negeri yang tidak memiliki office di Indonesia dalam menjual Land Arrangement (LA).

“Kami hendel ada sebelas destinasi, seperti Australia, Greece, Maroko, New Zealand, Spain, Turkey, UAE, USA dan semua Asia di luar Jepang,” jelas Julia kepada awak media di kantor Jupiter, Jakarta.

Julia bercerita, sebelum mendirikan usaha, ia sempat meniti karir di salah satu perusahaan LA terbesar di dunia yang memiliki kantor cabang di Indonesia. Pada saat pergantian owner perusahaan tersebut, Julia memutuskan resign dan mendirikan Jupiter. Oleh karena itu, pengalaman sebelum terjun membuat usaha sudah ia dapatkan secara matang.

Pada bulan Februari 2012, Julia bersama dua rekannya medirikan Jupiter Tour and Travel. Semua perijinan usaha dilengkapi hingga mendapatkan ijin dari Kementerian Pariwisata.

“Awalnya g serius, kita keluar (dari perusahaan) mau ngapain ya?, akhirnya kita buka usaha ini dan cari nama. Kemudian cari-cari dan ketemulah nama Jupiter,” ungkap Julia.

Menurut Julia, Jupiter merupakan nama lain dari Zeus atau dewa, dengan nama tersebut diharapkan perusahaan akan kuat, strong dan menjadi panutan dari perusahaan yang lain.

“Niat kita ingin memberikan jasa kepada klien supaya travelingnya nyaman, aman dan tenang,” jelas Julia.

Perjalanan Julia dalam membuka usaha nampak berjalan mulus, tidak butuh waktu lama ia pun mendapatkan klien.

“Kita g susah-susah dari nol karena kepercayaan kita dari sebelumnya yang sudah kenal sama kita. Pada Maret kita sudah ada group pemberangkatan, ini luar biasa,” jelasnya.

Layanan
Jupiter memberikan layanan kepada travel agent berupa paket LA yang meliputi :

a. Transportasi
Layanan transportasi Jupiter meliputai transportasi darat seperti bus sesuai dengan jadwal itinerary di suatu negara yang dikunjungi .
b. Akomodasi
Jupiter juga memberikan kemudahan bagi travel agent yang membutuhkan hotel di tempat tujuan sebagai sarana akomodasi.
c. Konsumsi
Jupite juga memberikan kemudahan bagi travel agent dalam menyediakan konsumsi.
d. Paket Tour
Jupiter juga memberikan kemudahan bagi travel agent dalam menjual paket tour, berupa jadwal itinerary sesuai dengan kebutuhan.

“Jadi kita siapkan semua land tour, baik yang leisure maupun religi,” paparnya.

Harga
Menurut Julia, Jupiter selama ini memberikan harga yang kompetitif. Terlebih, persaingan di usaha ini cukup ketat.

“Kita cukup kompetitif karena travel-travel agent di Jakarta kalau minta harga tidak hanya ke satu operator, dia minta minimum dua atau tiga operator untuk perbandingan. Selama kita masuk ke tiga besar dan menjadi yang dipilih untuk kuetison pertama itu berarti harga kita memang cukup bersaing,” paparnya.

Paling Banyak Dikunjungi
Julia menjelaskan bahwa, sejak Jupiter berdiri, Turki menjadi negara nomor satu tujuan yang banyak dikunjungi masyarakat. Namun sejak ada demontrasi yang terjadi 2 tahun yang lalu, minat ke Turki agak berkurang.

“Nah tahun ini recoveri lagi. Jadi mungkin karena sudah satu tahun lebih g kesana tahun ini request ngebludak langsung banyak,” ucap Julia.

Setelah Turki, lanjut Julia, negara yang banyak dikunjungi yaitu Hongkong, kemudian Thailand dan India.

“Rute favorit selama ini yaitu Turki – Dubay, Spain – Maroko. Sedangkan untuk Asia yang muslim yaitu Malaysia, Cina dan Thailand,” paparnya.

Selain menyediakan paket LA ke luar negeri, Jupiter juga menyediakan paket ke Indonesia (Inbound) secara keseluruhan.

“Paket inbound kita jual keseluruhan, tapi yang paling banyak ke Bali. Setelah itu Bandung dan Yogyakarta. Untuk Malaysia market Bandung terkenal shoppingnya. Untuk Eropa market Jogja karena banyak kebudayaannya,” papar Julia.

Mengenai harapan kedepan, Julia mengungkapkan ia ingin usaha yang dibangunnya tersebut semakin maju dan memiliki beberapa kantor cabang di Asia.

News Feed