oleh

ASATI penyumbang wisman untuk industri Pariwisata Nusantara

Upaya nyata dilakukan oleh Asosiasi Sales Travel Indonesia (ASATI) membuktikan bahwa keseriusan mendatangkan wisatawan manca negara ke Indonesia adalah pilihan untuk membantu mengembangan pariwisata tanah air.

Tentu ini cukup mengejutkan, karena selama ini keberadaan Asosiasi Sales Travel Indonesia (ASATI) masih diragukan banyak pihak.

”Bukan nama besar Asosiasinya, tetapi peran yang selama ini dikontribusikan kepada industri pariwisata Nusantara, tidak terkecuali Sumatera Barat.” Demikian diutarakan oleh Sekjen DPP ASATI, Arlan Dikusnata.

Kunjungan pengenalan (Familiarization trip) Kesultanan Oman merupakan kunjungan balasan dari serangkaian seles mission yang di prakarsai oleh Nadirsyah, owner Raja Tour Padang sebagai anggota DPD ASATI Sumatera Barat (Sumbar).

Agar keindahan pesona dan panorama serta budaya dan peninggalan sejarah Sumbar diperkenalkan langsung kepada peserta yang terdiri dari Jurnalis TV Oman, Radio Oman, Tour Operator Oman dan Kedutaan Besar Indonesia untuk Oman, didampinggi Trans Media dan Kemenpar Divisi Timur Tengah.

Sinergisitas antara DPP Asati dan DPD Asati Sumbar menghasilkan kerja nyata dan sukses mengatur seluruh kegiatan sebagai tours operator FamTrips ke Padang terlaksana 6 s/d 13 October 2018.

Rombongan dimulai dari Bandara Minangkabau International Airport, disambut oleh anggota ASATI dengan tarian selamat datang yang dibawa langsung oleh KBRI Muscat, bapak Virnaia Rikaryanto dan Kabid Timur Tengah Kementerian Pariwisata, Lilis Fauziah.

DPD Asati Sumbar juga membuktikan bahwa rendang yang pernah mendapat awards (makanan paling enak di dunia), membuat peserta Famtrips sangat senang, kagum dan takjub terhadap distinasi dan seni budaya yang ada di Ranah Minang.

Merasakan hijaunya alam Sumatera Barat, lemah lembutnya masyarakat, bentuk architecture yang cantik, serta nikmatnya culinary Padang, membuat suatu kenangan yang tak terlupakan dan berkeingian kembali dan mewartakan kepada public Oman, melalui FamTrips ini diharapkan mampu memberikan kontribusi kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Bahkan Tour Operator Oman sudah sepakat bahwa 2019 membuat dan menjual paket-paket liburan Sumbar.

Dukungan penuh pemerintah RI mulai dari Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Datar, Kepala Dinas Pariwisata Kota Sawahlunto, Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Walikota Sawah Lunto, Walikota Padang bahkan Gubernur Sumatera Barat.

Pihak lain yang juga mensukseskan kegiatan ini adalah Garuda Indonesia, hotel Grand Inna dan hotel Rangkayo Basa.
Sambutan dengan suasana santai dan bersahaja dalam santap malam bersama dirumah dinasnya.

“Sumatera Barat biasa melakukan intenational event seperti Tour de Singkarak .“ kata Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, SPsi, MSc selaku Gubernur Sumatera Barat.

Beliau juga berharap kunjungan ini dapat mewartakan potensi wisata di Sumatera Barat.

“Beritakanlah dengan real condition sebagaimana yang dilihat dan dirasakan secara langsung.” Ujar Datuak IP (biasa disapa, Red).

Berbagai objek wisata potensial yang disajikan anggota ASATI baik alam maupun seni dan budaya, kunjungan ke Sawalunto, Tanah Datar; Istana Pangaruyung dan tidak ketinggalan Bukit Tinggi. Melihat Kota Sawalunto dari ketinggian Puncak Cemara, pulau Harapan, serta mengunjungi Mesjid Raya Sumbar.

News Feed