Eddy Ganefo: Dorong Wanita Pengusaha Perkuat Ekspor

  • Bagikan

JAKARTA – Ketua Umum Kamar Dagang Dan industri (Kadin) Indonesia Eddy Ganefo mendorong para wanita pengusaha untuk memperkuat kinerja ekspor Indonesia.

Eddy mengatakan, sebanyak 49 persen usaha kecil dan menengah (UKM) dijalankan oleh wanita. Oleh karena itu, perempuan memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia.

“Saya ingin menyampaikan bahwa banyak sekali dari UMKM kita yang dimiliki dan dijaga oleh perempuan. Artinya kalau perempuan pengusaha semakin maju berarti ekonomi Indonesia semakin maju,” ujar Eddy, di temui di Kadin Indonesia (21/10).

Eddy menilai, perempuan bekerja lebih gigih dan teliti terutama dalam hal perhitungan dibandingkan pengusaha laki-laki. Hal ini diyakininya dapat membawa kesuksesan bagi pengusaha.

Untuk menghadapi persaingan ekonomi, kata Eddy, Indonesia membutuhkan semakin banyak pengusaha yang mampu membuka lapangan kerja serta mampu mengekspor produknya ke pasar luar negeri.

Eddy juga meminta agar pengusaha tak hanya melakukan ekspor di pasar-pasar tradisional. Namun juga perlu membuka pasar non-tradisional untuk tujuan ekspor.

Lebih lanjut, Eddy menyebut Indonesia saat ini memiliki masalah besar yang harus diperbaiki, yakni defisit neraca perdagangan dan defisit neraca transaksi berjalan. Salah satu upaya pemerintah untuk memperbaiki ekonomi negara yakni mendorong peningkatan ekspor dan juga investasi.

“Oleh sebab itu, saya mengajak ibu-ibu agar berani mengarahkan produk-produknya ke pasar ekspor. Tak perlu ragu. Karena pasar itu ada segmentasi yang berbeda, ada atas, tengah, dan bawah,” Pungkas Eddy. (FKV)

  • Bagikan