oleh

Kampus IPB Terima Kunjungan Utusan Negeri Kelantan

Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB menerima kunjungan dari Utusan Negeri Kelantan, Malaysia.Pada kegiatan kunjungan ini, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir Joko Santoso, M.Si bersama perwakilan dari tiap departemen yang ada di lingkungan FPIK berdiskusi terkait peluang kerjasama yang mungkin dibangun antara IPB dan Kerajaan Kelantan.

Selain berdiskusi, utusan juga mengunjungi fasilitas Kolam Percobaan FPIK IPB, dimana Satuan Usaha Akademik (SUA) yang dikelola oleh Departemen BDP fokus dalam memproduksi ikan nila konsumsi dari mulai pemeliharaan induk, penyediaan benih, hingga pemeliharaan yang menghasilkan ikan siap konsumsi. Selain itu Departemen BDP juga memperkenalkan konsep Aquaponik sebagai usaha mandiri yang dapat dilakukan di pekarangan rumah, dimana konsep ini memadukan antara kegiatan akuakultur dalam memproduksi protein hewani (ikan) dan juga memanfaatkan buangan pemeliharaan ikan untuk dimanfaatkan menjadi nutrisi tanaman pekarangan (sayuran).

IPB Terima Kunjungan dari Utusan Negeri Kelantan

Langkah yang selanjutnya akan dikembangkan lebih lanjut adalah kedua belah pihak sepakat akan bekerja sama lebih lanjut terkait konsep yang mungkin akan diadopsi oleh Negeri Kelantan yang difokuskan pada kegiatan budidaya ikan nila merah dan pengembangan konsep akuakultur di Negeri Kelantan. Selanjutnya pada bulan Oktober perwakilan Negeri Kelantan akan diadakan kunjungan teknis terkait kerjasama ini.

Perwakilan dari Kerajaan Kelantan H.Zulnabli Bin Mohd Nor Bersama Dato’ Dr Megat Al-Imran Yasin (Dosen UPM) dan Prof Madya Dr Mohd Amim (Dosen UPM). Kemudian sebagai pendamping perwakilan Drs Teguh Wiyono MPI Bersama Adelina, SE (Owner Adelina Travel).

News Feed