oleh

334 Jamaah Haji Patuna Ziarah Keliling Madinah

MADINAH, SiaranIndonesia.com – Sebanyak 334 jamaah haji PT. Patuna Mekar Jaya atau Patuna Travel yang terbagi menjadi 9 bus hari ini 5 Agustus 2018 waktu Arab Saudi, mengikuti rangkaian ziarah keliling Madinah. Selain membuka wawasan terhadap jamaah haji, ziarah ini juga untuk meningkatkan iman dan takwa para jamaah dalam menjalankan ibadah.

Dari laporan yang diterima redaksi Majalah Rindu Kabah, rangkaian ziarah keliling Madinah ini diikuti oleh seluruh Jamaah Haji Patuna.

Ziarah diawali ke Jabal Uhud, dimana tempat ini merupakan bukit yang berjarak sekitar 5 kilometer di sebelah utara kota Madinah. Bukit ini selalu diingat oleh umat Islam karena di lembah gunung ini pernah terjadi pertempuran besar Antara pejuang Islam dan kaum Kafir Quraish pada 15 Syawal 3 Hijriyah.

Setelah ziarah dan napak tilas, jamaah melanjutkan ke masjid Qiblatain (masjid dua kiblat). Masjid ini merupakan salah satu masjid terkenal di Madinah. Mula-mula masjid ini bernama Masjid Bani Salamah karena masjid ini dibangun di atas bekas rumah Bani Salamah. Masjid ini menjadi saksi perpindahan arah kiblat kaum Muslimin. Disini, para jamaah haji Patuna mendapatkan penjelasan tentang masjid ini oleh para pembimbing jamaah.

Kemudia rombongan jamaah haji Patuna melanjutkan ziarah ke Masjid Khandak. Khandak sendiri dalam Bahasa Persia diartikan sebagai parit. Masjid Khandak dinamai sebagai salah satu pengingat bahwa di daerah tersebut pernah terjadi perang Antara pejuang Muslim melawan Kaum Kafir Quraish. Perang pun akhirnya dimenangkan oleh pejuang Muslim.

Setelah itu, jamaah haji Patuna datang ke Masjid Quba. Masjid ini merupakan masjid pertama yang dibangun Rasulullah SAW pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi. Letak masjid ini sekitar 5 kilometer disebelah tenggara kota Madinah.

Setelah itu, para jamaah haji Patuna ke kebun kurma atau toko kurma dan selanjutnya kembali ke hotel Oberoi, Mercure hotel dan Munakarem hotel.

News Feed