oleh

Di FGD, Kadin Beberkan Permasalahan Mendasar UMKM

JAKARTA, SiaranIndonesia.com – Ketua Lembaga Pengembangan Usaha Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Tedi Aliudin atau akrab disapa Raden Tedy mengatakan, pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) saat ini masih banyak menemui permasalahan. Banyaknya permasalahan ini diketahui Raden Tedi berdasarkan beberapa pertemuan yang ia lakukan dengan pelaku UMKM, baik dalam seminar, workshop dan training.

“Masalah yang paling mendasar dirasakan oleh pelaku UMKM diantaranya meliputi kompetensi, jaringan pasar dan permodalan,” tegas Raden Tedi dalam Forum Group Discus (FGD) yang diselenggarakan Kementerian UMKM & Koperasi di Puri Denpasar Hotel,  Jakarta, Selasa (8/05/2018).

Di era digital, Raden Tedi menambahkan, setidaknya akan sangat membantu pelaku UMKM dalam mengatasi kelemaham ini. Pembelajaran UMKM cukup banyak ditemukan melalui internet,  jaringan pasar sangat didukung dengan berbagai macam media sosial dan e-commerse,  dan akses ke perbankan semakin mudah dengan teknologi digital.

Guna membantu dan mempermudah pelaku UMKM dalam menghadapi era digital, Raden Tedi mengatakan, Kadin Indonesia menyiapkan aplikasi w-commerse. Dengan aplikasi w-commerse pelaku UMKM akan mendapatkan beberapa kemudahan.

“Kadin Indonesia telah menyiapkan aplikasi w-commerse yang akan membantu jaringan pasar dan sistem permohonan pembiayaan ke bank. Aplikasi akan soft lounching pada bulan Mei 2018 ini.” ujar Raden Tedy.

News Feed