oleh

Dirut Pertamina Elia Massa Manik Dicopot, Ini Alasannya

JAKARTA, SiaranIndonesia.com – Elia Massa Manik yang diangkat sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero) pada Maret 2017 lalu resmi dicopot. Hal ini diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Pertamina.

“Pemberhentian ada lima yang diberhentikan. Dirut, Direktur Mega Proyek, Direktur Pengolahan, Direktur Aset, dan satu lagi Direktur Pemasaran Korporat,” kata Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (20/4/2018).

Elia Massa Manik resmi diberhentikan pemegang saham dalam hal ini Kementerian BUMN pada hari ini. Selanjutnya, Nicke dipilih menjadi Plt Direktur Utama Pertamina.

“Untuk sementara Plt Dirut sekaligus Direktur SDM adalah ibu Nicke,” ujar Harry.

Dijelaskan Harry, ada sejumlah hal jadi pertimbangan pergantian direksi. Pertama, ini dalam rangka memperkuat dan mempercepat implementasi holding. Kedua,  ada pergantian Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina serta jajaran lainnya juga.

Selain itu, pengamatan dan penilaian Dewan Komisaris Pertamina bahwa Pertamina akan kajian dampak dari perubahan biaya dan kenaikan harga yang terakhir. Alasan lainnya, tentang kenaikan harga minyak mentah yang memengaruhi biaya Pertamina.

Perkembangan kondisi terakhir juga menjadi pertimbangan. Hal itu melihat kecelakaan pipa di Teluk Balikpapan dan kelangkaan bahan bakar minyak (BBM).

“Komisaris sudah melakukan kajian implementasi yang sangat komprehensif selama satu bulan penuh bersama direksi dan sudah dilaporkan kepada kementerian,” paparnya.

News Feed