oleh

Kemenag Akan Lakukan Akreditasi Travel Umrah dan Haji

Jakarta – Kementerian Agama akan melakukan akreditasi terhadap travel haji dan umrah di tahun 2018 ini. Sistem akreditasi dinilai dapat menertibkan travel haji dan umrah yang selama ini beroperasi.

Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, Arfi Hatim mengatakan, sudah menjadi kewajiban pemerintah dalam membina calon jamaah dan travel yang ada. Selain itu, Kemenag juga akan selalu memperbarui data travel yang beroperasi. Artinya, akreditasi ini sekaligus dapat menertibkan travel-travel yang melayani jasa pemberangkatan haji dan umrah.

Kita akan evaluasi, kemudian akreditasi, di dalam revisi PMA No 18 dalam tahap final yang nanti akan ditetapkan, salah satunya tentang pelaksanaan akreditasi, kata Arfi dalam sebuah diskusi di Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Menurut Arfi, akreditasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) alias travel, nantinya akan dilakukan oleh pihak ketiga. Assesor yang melakukan akreditasi terhadap PPIU atau travel bukan lagi Kemenag, tetapi pihak ketiga.

Jadi kita sudah bicara dengan Badan Standar Akreditasi Nasional, standar mereka lah yang akan diterapkan pada PPIU, tegasnya.

Dengan demikian, akreditasi PPIU atau travel akan terjamin standar kualitasnya, obyektifitasnya, kredibilitasnya dan lain sebagainya. Travel-travel akan memperoleh hasil akreditasi, apakah masuk dalam kategori grade A, B, C, atau D. Jika sebuah PPIU atau travel memperoleh nilai akreditasi D, maka akan dicoret izinnya.

Karena kita membutuhkan PPIU PPIU yang kredibel, ketika assesor pihak ketiga dalam pedoman akan kami publish ke masyarakat.

Kami akan tampilkan disitu, silakan masyarakat yang menilai, kalau ada yang enggak sesuai, yang melakukan akreditasi kan pihak ketiga. Objektifitas, bisa dipertanggngjawabkan, itu salah satu poin revisi PMA No 18, jelasnya.

Tahun ini akan dilakukan akreditasi dan kami kerjasma dengan BSAN, pakai standar-standar mereka. Kami cukup berani mempublish hasil akreditasi itu ke masyarakat. Mereka akan berlomba-lomba meningkatkan kinerja, administrasi, SDM, finasial dan sebagainya, tutup Arfi.

News Feed