oleh

Pecel Sayur Warisan Kuliner Indonesia yang Terus Eksis

JAKARTA, SiaranIndonesia.com – Pecel sayur merupakan salah satu warisan kuliner Indonesia yang berbahan dasar sayur-sayuran dan menggunakan bumbu kacang. Pada masa penjajahan Belanda, makanan pecel ini sudah ada. Sehingga di beberapa tempat bekas penjajahan Belanda terdapat pecel.

Pecel merupakan salah satu jenis makanan yang kaya gizi dengan harga yang sangat murah. Saat ini, pecel sayur telah tersebar di Indonesia, banyak yang menjual pecel sayur, tidak terkecuali di Ibu Kota Negara Indonesia yakni, DKI Jakarta.

Warsini seorang pedagang pecel sayur di Jakarta mengaku dirinya baru mulai sekitar 3 bulan berjualan pecel sayur di daerah gg.waru, Jl. Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Meskipun baru, peminat pecel sayurnya ini sudah banyak sekali karena murah meriah.

“Saya jual 5000/Porsi, tapi alhamdulillah banyak yang beli, hampir habis setiap jualan” ujar Warsini.

Warsini juga mengatakan sayur yang biasa digunakan yaitu, kol, taoge, kacang panjang, selada air, bayam, terkadang kangkung. Selain itu, bahan utama sambal pecelnya yaitu, kacang, kencur, daun jeruk, bawang putih, asam jawa, gula merah, garam, dan cabe rawit yang ditumbuk menggunakan alat tumbuk tradisional.

 

Laporan: Ayu

News Feed