Pramuka Gelar Aksi Satu Indonesia disamping Bundaran HI

  • Bagikan

JAKARTA, SiaranIndonesia.com – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menggelar Aksi Satu Indonesia di area Car Free Day (CFD), Bundaran HI, Minggu (30/7). Aksi bertajuk “Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Indonesia” itu digelar dalam rangka menyambut Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka yang bakal dilaksanakan tanggal 13-21 Agustus 2017.

Berbagai kegiatan seru bakal mewarnai aksi Pramuka tersebut. Di antaranya, aksi tanda tangan Satu Indonesia, cek tensi darah, flashmob, menyanyikan Hymne Pramuka dan lagu ‘Semangat Kibar’, serta sosialisasi Raimuna Nasional XI 2017. Rencananya, kegiatan tersebut akan dimulai pukul 07.00 hingga 09.30 WIB di area depan Menara BCA Thamrin.

“Aksi ini bertujuan dua hal. Pertama, menguatkan kembali kesadaran bahwa kita satu nusa, satu bangsa, satu Indonesia. Pas juga dengan nuansa Agustusan. Kedua, mensosialisasikan kepada masyarakat Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka sebagai media perekat NKRI,” ujar Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault di Jakarta, Sabtu (29/7).

Terkait kesadaran satu Indonesia ini, bagi Adhyaksa adalah hal sangat penting yang harus dimiliki semua elemen bangsa Indonesia. Melalui kesadaran ini, tegas dia, semua elemen bangsa Indonesia diajak untuk berkontribusi untuk bangsa dan negaranya.

“Raimuna Nasional adalah pertemuan generasi milenial terlengkap di Indonesia. Karena, ada 15.000 Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun) dari 514 Kabupaten/ Kota di Indonesia,” tambah pria berkumis ini.

Presiden Raimuna Nasional XI, Robby Zulpandi menambahkan bahwa Raimuna Nasional merupakan wujud Bhinneka Tunggal Ika. Para peserta dari berbagai daerah tersebut, katanya, bisa belajar mengenai persatuan tanpa melihat perbedaan.

“Di tengah merebaknya isu perbedaan dan SARA, Raimuna Nasional hadir sebagai pemupuk rasa Bhinneka Tunggal Ika tanpa melihat perbedaan sebagai penghambat,” tegas pria kelahiran Medan ini.

Diketahui, Raimuna berasal dari bahasa Ambai yang digunakan penduduk Yapen Timur di Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Rai berarti sekelompok orang. Muna artinya daya kekuatan yang berpengaruh baik dalam mencapai keberhasilan. Maka, Raimuna dapat diartikan sebagai sekelompok orang yang tengah berkumpul bersama, dengan segala daya kekuatan yang baik untuk mencapai tujuan bersama.

Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka tahun 2017 dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur pada 13-21 Agustus 2017. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan hadir dan membuka kegiatan tersebut. Para Menteri Kabinet Kerja dan lainnya seperti Menko PMK, Menko Kemaritiman, Menag, Menkominfo, Menpora, Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala Staf Angkatan Laut, dan lain-lain juga akan hadir.

 

  • Bagikan