oleh

9 Cara Liburan Murah Ala Mahasiswa

SiaranIndonesia.com – Jadwal liburan semester adalah hal yang dinantikan setiap mahasiwa. Setelah ujian semester, biasanya hari libur yang diberikan kampus cukup panjang, sekitar 1-2 bulan. Jika terbiasa menjadi mahasiswa super sibuk, biasanya waktu liburan panjang akan sangat membosankan. Ada baiknya, waktu liburan diisi dengan hal-hal yang produktif.

Apa saja yang bisa dilakukan?

1. Travelling
Kuliah yang padat bikin mahasiswa kurang piknik. Dengan travelling, pikiran akan menjadi segar sekaligus belajar dan menemukan hal-hal baru. Destinasi lokal maupun luar negeri bisa menjadi pilihan, sesuai kapasitas dompet tentunya.

2. Mendaki Gunung
Bagi mahasiswa pecinta alam, waktu liburan bisa dimanfaatkan untuk menaklukan gunung-gunung yang ada di Indonesia. Akan menjadi kebanggaan tersendiri kalau bisa berfoto di puncak sambil memegang tulisan nama gunung di ketinggian sekian dpl. Namun sebaiknya, kegiatan ini tidak dilakukan sendirian. Pergi bersama teman-teman atau klub pecinta alam di kampus pastinya akan lebih menyenangkan.

3. Menulis
Menulis laporan atau tugas esai dari dosen adalah hal yang membosankan bagi penulis bebas. Bagi yang berbakat menulis, ide bisa datang kapan dan di mana saja. Waktu liburan bisa dimanfaatkan untuk menuangkan ide yang selama ini tertahan di pikiran atau hanya coret-coret draft di kertas. Hasil tulisan bisa dikirim ke penerbit atau diposting di blog pribadi.

4. Ikut Lomba
Banyak kampus, perusahaan atau organisasi yang mengadakan perlombaan. Ada lomba menulis, menggambar, desain, memasak, dan masih banyak lagi. Kalau menang, biasanya ada hadiah berupa uang atau tiket jalan-jalan yang sayang untuk dilewatkan. Pilihan ini cocok untuk mahasiswa yang suka tantangan. Menang kalah bukan masalah, asal mau mencoba, kan?

5. Ikut Kursus atau Pelatihan
Mahasiswa bisa ikut kursus atau pelatihan apa saja sesuai minat. Tujuannya adalah menambah dan mengasah kemampuan di bidang non-akademik. Kursus menjahit, musik, memasak, desain grafis, bahasa asing dan lain-lain. Pilih yang harganya terjangkau agar cukup dengan uang tabungan selama kuliah. Saat ini tidak hanya kursus off-line, teknologi memungkinkan agar peserta kursus mendapatkan ilmu secara online. Biasanya di grup WA atau di milis, jadi tetap bisa mendapatkan ilmu meski hanya di rumah.

6. Menjadi Relawan
Bagi mahasiswa yang merangkap menjadi aktivis, agenda ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan. Mencari tahu LSM atau komunitas di sekitar, lalu ikut terjun ke dalam aktivitas mereka di masyarakat. Tetapi, menjadi relawan tentu berarti melakukan hal-hal tanpa berharap imbalan. Semuanya dikerjakan secara sukarela.

7. Magang
Mahasiswa bisa mengasah ilmu dan skill-nya dengan terjun langsung di dunia kerja. Instansi atau perusahaan biasanya secara terbuka menerima mahasiswa magang, dibayar maupun tidak dibayar. Biasanya imbalan magang adalah sertifikat. Selain mendapat ilmu, lumayan juga untuk menambah panjang daftar di CV.

8. Ikut Penelitian Dosen
Kegiatan ini biasanya diikuti oleh mahasiswa yang tipe akademik. Penelitian membutuhkan ketekunan, kesabaran, ketelitian dan prinsip sains yang sistematis. Selain menambah ilmu yang mungkin tidak didapatkan di kelas, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk bertemu orang banyak dan hal-hal baru.

9. Menonton Film di Rumah
Bagi mahasiswa yang malas pergi ke mana-mana dan budget yang pas-pasan, menonton film adalah pilihan. Saat kuliah, mahasiswa biasanya kesulitan mengatur waktu untuk mendapatkan hiburan. Bergadang pun untuk mengerjakan tugas. Nah, waktu liburan bisa dimanfaatkan untuk menonton list film yang menumpuk saat sebelum liburan kuliah.

 

 

Laporan: Indriyani

News Feed