oleh

Cara Terbaik Memasak Sayuran

SiaranIndonesia.com – Sayuran adalah sumber serat dan multivitamin alami. Selain itu, ada juga antioksidan seperti folifenol yang bermanfaat bagi tubuh.

Namun, menurut Nicoletta Pellegrini, profesor ilmu pangan Universitas Parma Italia mengatakan bahwa setiap jenis sayuran akan berbeda kandungannya jika dimasak dengan cara yang berbeda. Selama ini, ada 3 cara umum memasak sayur yaitu, direbus, dikukus dan digoreng. Juga, ada yang memilih mengonsumsi sayuran mentah-mentah.

Pellegrini mencontohkan wortel dan brokoli. Wortel mengandung vitamin A, C dan K, folat, folifenol dan karoten. Karoten ada di pigmen wortel. Ketika direbus, karoten keluar dari struktur sel sehingga tubuh akan mudah mencernanya namun tidak larut dalam air rebusan. Sementara vitamin C dan folifenol akan larut dengan air. Kecuali kuah rebusan dikonsumsi, maka kukusan wortel lebih baik daripada memasaknya dengan cara direbus. Mengukus tidak akan menghilangkan mikro nutrisi yang ada di dalamnya.

Berbeda dengan brokoli, yang di dalamnya mengandung glukosinolat pencegah kanker. Glukosinolat sulir diserap tubuh tanpa bantuan enzim myrosinase. Enzim ini ada pada brokoli mentah dan akan hancur ketika brokoli dimasak. Jadi, brokoli lebih baik jika dimakan mentah.

Kandungan antioksidan pada sayuran akan hilang jika memaksanya dengan cara dikukus. Sementara memasaknya tanpa minyak atau hanya memasukannya ke dalam microwave.

Pellegrini menambahkan, “orang-orang harus banyak makan sayuran, mentah atau matang”. Mengonsumsi sayuran dan menikmatinya dengan cara apapun adalah ide yang bagus. Yang terpenting adalah memaksimalkan manfaatnya.

 

Laporan: Indriyani

News Feed