oleh

Morotai, Eksotisme Wisata Kelas Dunia

MALUKU, SiaranIndonesia.com – Morotai, adalah sepotong Surga yang Tuhan titipkan pada Indonesia. Keindahan alam pulau ini tak hanya mengundang wisatawan lokal. Bahkan, dahulu saat perang dunia ke II, Pulau ini menjadi rebutan Negara-negara yang sedang berperang. Kilas kisah masa lalu Morotai diantara Perang Dunia II, menjadikan Morotai sebagai saksi sejarah perang dunia II.

Sisa-sisa peperangan yang ada seakan membawa diri hanyut ke dalam dahsyatnya pertempuran kala itu. Pulau Morotai memiliki potensi wisata sejarah karena dahulu pernah menjadi lokasi pertempuran dalam Perang Dunia II antara Sekutu dengan Jepang. Hingga saat ini di wilayah perairan Morotai masih tersimpan sisa kapal perang seperti di Pulau Dodola, Pulau Kolorai, dan Mitita yang menjadi spot diving menarik. Setidaknya ada 24 pulau kecil yang akan dikembangkan dan 19 di antaranya adalah lokasi diving. Ada juga daya tarik wisata budaya di Pulau Zum Zum, Tugu Trikora dan Desa Gotalamo.

Pulau Morotai sangat strategis, karena berada di antara jalur pelayaran Asia dan Australia dan juga sebagai gerbang di Pasifik yang berdekatan dengan negara-negara penting di kawasan Asia Pasifik. Pulau ini di utara diapit di antara Jepang-Korea-Taiwan-Philipina-Tiongkok. Di barat, ada Singapura dan negara-negara ASEAN. Di selatan, ada Australia – New Zealand. Sementara itu, di timur, ada Republik Kep Palau serta negara-negara kepulauan di Pasifik.

Masyarakat yang ramah dan senantiasa merawat isi alamnya membuat isi alam di Pulau Morotai tetap eksotis. Sebuah pulau yang terletak di gugusan pulau halmahera yang merupakan Pulau paling utara di Indonesia akan memanjakan siapa saja yang menginjakkan kaki di pulau ini. Hamparan pasir putih di pantainya seakan membuat kaki tak henti menyusurinya. Birunya air laut memanjakan setiap pasang mata yang memandang.

Tak cukup disitu, sebab kecantikan Alam Morotai tak hanya nampak di permukaan. Di balik biru Lautnya tersimpan keindahan alam bawah laut yang membuat wisatawan betah berlama-lama menyelam. Selain menikmati keanekaragaman hayati, di kedalaman sekitar 40 meter, wisatawan bisa melihat bangkai pesawat Bristol Beaufort milik Amerika Serikat, yang dulunya digunakan untuk mengebom musuh saat Perang Pasifik berkecamuk. Wujud puing ini masih bisa dikenali dari sayap dan badan pesawat, meskipun pesawat dalam posisi terbalik.

Selain bangkai pesawat AS, di Morotai ada pula aneka spot diving lain yang tak kalah menariknya. Tak kurang ada 25 spot diving yang siap diselami oleh wisatawan. Dari semua keindahan yang sempurna ini, Tak ayal, eksotisme Alam Laut Morotai menjadikan pulau ini layak menyandang sebagai wisata kelas Dunia.

Salah satu peninggalan Perang Dunia II di Pulau Morotai
Salah satu sudut Keindahan Morotai

News Feed