oleh

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Usaha Coffee Shop

Oleh: I Komang Agus Sudarma
Pemerhati Kopi

JAKARTA, SiaranIndonesia.com – Terjun dalam dunia bisnis tidak hanya butuh modal, tapi juga strategi melihat pasar dan keberanian besar. Bahkan belakangan ini tidak jarang yang mulai merintis bisnis atau usaha dari kecintaan atau hobi pada jenis barang tertentu.

Melirik potensi dari kebanyakan hobi masyarakat Indonesia yang gemar menikmati kopi. Hal itu membuktikan bahwa tidak sedikit pekerja kantoran memutuskan ‘pensiun dini’ dan banting setir mengelola bisnis sendiri dikarenakan jengah menjadi pegawai yang tidak jelas status pekerjaannya.

Membuka usaha kedai kopi modern belakangan ini menjadi trend tersendiri didalam dunia bisnis.  Karena jika kita lihat dari prospeknya, seperti bisnis bidang kuliner yang satu ini memang cukup menjanjikan.

Kedai kopi modern yang ada saat ini tidak hanya menyajikan kopi-kopi biasa layaknya warung konvensional, mereka lebih menonjolkan produk atau kopi dengan inovasi -inovasi baru yang lebih menarik minat dari berbagai kalangan

Saat ini, kedai kopi bukan hanya sebagai tempat melepas lelah dan penat saja, Melainkan juga sebagai tempat berdiskusi atau pertemuan. Singkatnya, kedai kopi atau Coffee Shop sudah bukan hal yang mewah lagi, melainkan telah menjadi bagian dari Life Style atau gaya hidup.

Membuka usaha Kedai Kopi atau Coffee Shop dapat dijalankan dalam berbagai bentuk, mulai dari kedai kopi kecil-kecilan atau tradisional untuk semua golongan sampai usaha warung kopi modern dengan pengunjung kalangan masyarakat tertentu saja.

Jika berniat membuka usaha kedai kopi, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga usaha yang anda jalankan dapat berjalan sesuai harapan dan dapat menguntungkan.

Konsep Kedai Kopi atau Coffee Shop
Agar anda dapat berfokus mengembangkan bisnis atau usaha kedai kopi, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat konsep dari Kedai Kopi atau Coffee Shop. Beberapa konsep Coffee Shop antara lain konsep tradisional dan konsep modern. Konsep traditional menyajikan nuansa alami saat menikmati kopi. Konsep ini dapat merefresh pelanggan yang telah jenuh dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari untuk menikmati nuansa alami di Coffee Shop. Selain itu konsep modern juga dapat menawarkan pelanggan untuk menikmati kemudahan fasilitas-fasilitas yang disediakan, seperti Wifi, desain interior modern, serta mebelier yang nyaman. Konsep ini membuat pengunjung merasa nyaman dengan fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan.

Menentukan Segmentasi Pasar
Menentukan segmentasi pasar menjadi hal yang penting. Karena sesuai dengan masyarakat atau calon konsumen yang akan dijangkau. Kalangan pemuda menjadi salah satu pasar yang banyak dibidik oleh para pelaku usaha Coffe Shop. Oleh karena itu, banyak pelaku usaha coffee shop yang membuka usaha di dekat area kampus. Namun, tidak menutup kemungkinan Kedai kopi modern juga dapat dibuka di tempat-tempat strategis lainnya yang jauh dari kampus dengan mempertimbangkan segmentasi pasar lain, seperti di Pusat Kota, area bisnis, maupun di dekat area perusahaan dengan pekerja kantoran sebagai target pasarnya.

Menentukan Lokasi
Menentukan lokasi merupakan hal yang krusial ketika hendak membuka usaha kedai kopi atau coffee shop. Lokasi yang ramai dan strategis, akan mendongkrak penjualan bisnis kedai kopi. Idealnya, pilih lokasi yang mudah dilihat dan dijangkau oleh calon konsumen.

Langkah Promosi
Promosi adalah langkah penting dalam dunia usaha. Beberapa perusahaan bahkan berani mengeluarkan dana yang tak sedikit untuk melakukan promosi. Banyak strategi yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk Coffe Shop. Beberapa antara lain Dengan mengajak teman atau saudara untuk berkunjung ke kedai kopi atau Coffee Shop, promosi melalui media sosial seperti yang saat ini sedang berkembang, ataupun dengan iklan di media cetak maupun online.

Langkah promosi yang massif, membuat usaha kedai kopi atau Coffee Shop berdasarkan rencana bisnis yang telah di buat akan berjalan sesuai sasaran awal. Sehingga apa yang menjadi target konsep dan pemikiran awal berbisnis, pada akhirnya bisa memberikan keuntungan baik secara finansial Sosial, maupun filosofis.

Dalam Bisnis, Konsumen adalah Raja. Oleh karena itu konsumen sebisa mungkin mendapatkan manfaat yang diharapkan. Jangan sampai konsumen tersebut tidak mendapatkan manfaat dari usaha kedai kopi atau Coffee Shop yang dibangun. Karena konsumen itu lah yang akan meramaikan dan menghidupi kedai kopi atau coffee shop itu sendiri.

News Feed