oleh

Ini Alasan Bali Bernama Pulau Dewata

SiaranIndonesia.com – Bali yang merupakan salah satu propinsi yang ada di Indonesia yang terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok, merupakan sebuah pulau yang sangat terkenal di dunia sebagai tempat yang memiliki kekayaan dan eksotisme alam dan budaya sehingga hal tersebut telah mengundang sejumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi Pulau Bali. Sebagai sebuah kepulauan, Bali juga memiliki sejumlah pulau-pulau kecil di sekitarnya, sebut saja Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan, dan Pulau Serangan. Provinsi Bali yang beribukota di Denpasar ini juga terkenal dengan penduduknya yang mayoritas beragama Hindu. Karena mayoritas Hindu itulah yang sehingga melatarbelakangi Pulau Bali sebagai pulau yang dijuluki sebagai negeri Dewata.

Dalam ajaran Hindu dan Buddha dikenal istilah “Dewa” yang digunakan untuk penyebutan keberadaan spiritual yang memiliki kekuatan supranatural. Lalu bagaimana dengan istilah “Dewata“? Dewata atau Dewanagari adalah dewa dengan kedudukan yang lebih rendah daripada dewa-dewa utama. Istilah Dewata juga sering digunakan untuk penyebutan kata Dewa dalam bentuk jamak, dimana Dewa-dewa atau para Dewa tersebut dapat berjenis kelamin laki-laki atau perempuan. Dalam ajaran Hindu, terdapat banyak Dewata seperti:

Wanadewata adalah Dewata penjaga hutan (mungkin aslinya merupakan pemujaan terhadap roh-roh yang melambangkan kekuatan alam)Gramadewata atau Dewa Desa, merupakan dewata penjaga penyeberangan sungai, gua, gunung, dan tempat-tempat keramat lainnya.Dewata Lokapala atau Dewata Nawa Sanga adalah Dewata penjaga penjuru mata angin.Apsara atau bidadari adalah makhluk atau gadis surgawi yang bertugas menguji keteguhan iman para pertapa.Gandarwa adalah makhluk atau pria surgawi yang memainkan musik.

Penganut agama Hindu memiliki sistem kasta dalam tatanan kehidupannya dimana masing-masing kasta memiliki dewata pelindung, dan setiap aktivitas manusia memiliki dewata perwujudannya dalam ranah spiritual atau aspek rohani. Oleh karena itulah, mengingat kentalnya budaya Hindu yang ada di Pulau Bali yang diwujudkan dengan banyaknya sesaji yang dipersembahkan untuk dewata penjaga di berbagai tempat di pulau Bali, maka pulau Bali pun akhirnya mendapat julukan sebagai pulau Dewata.

Komentar

News Feed