Menag: Tidak Ada Kriminalisasi Ulama

  • Bagikan

JAKARTA, SiaranIndonesia.com – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyebut sejumlah kasus yang menjerat tokoh ormas Islam belakangan ini bukan merupakan kriminalisasi ulama. Lukman menilai ini baru awal dari proses hukum.

“Dari yang saya ikuti ini proses memang belum selesai, jadi bagi saya agak sulit. Bagi saya tidak ada kriminalisasi ulama. Jadi ini baru awal,” kata Lukman di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl KH Ahmad Dahlan, Tangerang Selatan, Senin (5/6/2017).

Lukman mengatakan, konflik yang melibatkan sejumlah tokoh ormas islam itu sudah semestinya diselesaikan lewat jalur hukum. Sebab konflik itu tak semestinya dihindari.

“Sekarang menghadapi konflik harus diselesaikan, tidak harus dihindarkan. Dalam masyarakat yang beradab selesaikan secara musyawarah, tapi kalau musyawarah tidak berhasil, yang kedua adalah menempuh jalur hukum. Karena dengan jalur hukum permasalahan bisa diselesaikan secara beradab,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan, agar masyarakat tak cepat mengambil kesimpulan terkait masalah ini. Menurutnya, sikap terbaik tetaplah menunggu proses hukum yang berjalan.

“Ini baru awal, apa sudah saatnya kita menyimpulkan ini sebuah kriminalisasi?. Jadi bagi saya akan lebih arif kalau kita tunggu proses hukum ini,” pungkasnya.

  • Bagikan

Comment