Sate Padang Ajo Ramon, Sate Padang Terenak di Jakarta

  • Bagikan
DCIM102GOPROG0038115.

JAKARTA, SiaranIndonesia.com – Sejak matahari mulai merapat ke ufuk barat, tenda besar yang berada di selasar Pasar Santa, Jakarta Selatan, inipun sudah diisi oleh berbagai penikmat sate padang. Setelah matahari terbenam, para pekerja kantoran, hingga anak muda mulai berdatangan berkali-kali lipat.

Asap pun semakin malam semakin mengepul, dari tusukan daging-daging kemerahan berbalut bumbu khas Padang Pariaman. Ya, sate padang Ajo Ramon ini berasal dari Kabupaten Padang Pariaman, sebelah utara Kota Padang.

Iwan Anak ke 4 sedang melayani pembeli

Menurut Iwan, anak keempat dari enam bersaudara sang perintis mengatakan perbedaan sate Padang Pariaman dengan sate Padang Bukittinggi atau yang lain adalah memiliki bumbu daging yang kemerahan, serta kuah yang coklat pekat, tidak kuning seperti beberapa daerah lain.

Meski begitu beberapa jenis sate Padang memiliki citarasa dan kenikmatan tersendiri warisan daerah asalnya.

“Makanya disebut ‘Ajo’ bukan ‘Uda’ kalo di Pariaman. Ajo Ramon berarti Abang Ramon, perintis sate ini atau bapak saya,” ujar iwan wartawan SiaranIndonesia.com ketika berkunjung ke kedai Pusatnya (30/5/2017).

Sayang, Ajo Ramon sang perintis sekaligus penemu racikan bumbu satenya telah wafat pada Senin (2/5/2016) lalu di RS Mintoharjo, Jakarta. Iwan mengatakan, almarhum berpesan agar anak-anaknya tetap melanjutkan usaha yang dirintisnya sejak 1980 dan terus berbagi atau berjiwa sosial.

Sate Padang yang satu ini memang sangat favorit di kelangan penikmat kuliner Padang, tak heran menurut salah satu penjaga parkir sekitar, beberapa artis dan pejabat publik kerap datang dan menjadi langganannya, seperti Bunga Citra Lestari, Agus Ringgo, Yusril Ihza Mahendra, Agung Laksono dan masih banyak lagi.

“Kalau mau sate padang selain di Padang ya harus di sini. Nomor satu deh menurut saya selain di asalnya. Pedesnya pas, bumbunya yang jadi kunci,” ungkap Iwan.

Sate Padang Ajo Ramon Pasar Santa

Sate Padang Ajo Ramon ini pertamakali memang buka di kawasan Pelataran Pasar Santa, Jalan Cipaku 1, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. cabang lainnya terdiri di Pusat Kuliner Blok S, Pasar Raya Blok M, Cikajang nomor 72, Mall Artha Gading, Mall Kelapa Gading, dan Summarecon Bekasi. Kalau ingin mencicipi kuliner Sate Padang Ajo Ramon ini, buka sekitar pukul 12.00 WIB, sementara di Pasar Santa sendiri Sate Padang Ajo Ramon ini buka mulai pukul 16.00 sampai 24.00 WIB.

  • Bagikan

Comment