Ini Pesan Menteri Agama di Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional

  • Bagikan

BANGKA BELITUNG, SiaranIndonesia.com – Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, memberikan pesan dan harapan kepada para peserta Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III 2017. Ia berharap, semua pihak, khususnya para peserta perkemahan, untuk benar-benar menjadikan nilai-nilai kepramukaan sebagai panduan berbangsa dan bernegara.

“Jika kita menghayati Dasa Darma Pramuka, kita bisa melihat Pramuka mengajarkan 10 pandangan hidup yang sangat fundamental, yaitu: keimanan, kemanusiaan, nasionalisme, demokrasi, solidaritas, keterampilan, kebersahajaan, kedisiplinan, tanggung jawab dan integritas,” ujar Lukman saat memberi sambutan dalam acara pembukaan PPMN III 2017 di Bumi Perkemahan Pramuka Selawang Segantang Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (16/5/17).

Ia menegaskan, Gerakan Pramuka merupakan sebuah gerakan kebangkitan dan komitmen “praja muda” untuk ambil bagian dalam misi pembangunan dan kemanusiaan. Gerakan Pramuka berkomitmen membangun generasi muda menjadi warga negara yang unggul dan bertanggung jawab.

“Melalui nilai-nilai Dasa Darma, pramuka mengajarkan keterampilan, kedisiplinan, kemandirian, solidaritas, integritas, dan tanggung jawab. Nilai-nilai idealisme Gerakan Pramuka tersebut sesungguhnya merupakan modal penting dan prasyarat bagi bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju, unggul, dan berdaya saing,” kata Lukman.

“Saya berharap Dasa Darma Pramuka tidak hanya dibaca saat upacara perkemahan saja, akan tetapi yang lebih penting adalah bagaimana Dasa Darma tersebut dapat diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Agama juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan penyelenggaraan perkemahan pramuka ini.

“Apresiasi dan terima kasih kepada Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, jajaran Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, jajaran Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, dan jajaran Direktorat KSKK Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam atas prakarsa dan kerja sama yang baik dalam menyelenggarakan kegiatan ini,” tuturnya.

Gelaran PPMN III 2017 yang diselenggarakan pada 14-20 Mei di Bumi Perkemahan Pramuka Selawang Segantang Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ini diikuti oleh 864 peserta dari 34 provinsi. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, dan Kementerian Agama.

  • Bagikan

Comment