oleh

Ayam Pendem di Lombok Tengah yang Wajib dicoba

LOMBOK TENGAH, SiaranIndonesia.com – Jalan-jalan ke Lombok belumlah lengkap jika tidak mencicipi makanan khas daerah ini. Selain plecing kangkung, ayam taliwang, sate bulayak, sate rembiga, dan nasi balap puyung yang biasanya ada di seluruh warung makan, ada makanan khas daerah lagi yang enak dan hanya ditemukan di tempat tertentu.

Makanan yang dimaksud tersebut adalah ayam pendem. Ketika kita makan ayam pendem, kita akan menemukan keunikannya. Uniknya, rasa makanan ini pedas gurih.

Rasa makanan ini disebut unik, karena ada paduan rasa yang jarang kita temukan secara sekaligus, yaitu rasa pedas dan rasa gurih. Biasanya dua rasa ini tidak berpadu menjadi satu dalam suatu makanan. Kalau tidak pedas, rasa lainnya ya gurih.

Selain rasa, keunikan lainnya dari ayam pendem adalah biasanya ditemukan di kota Lombok Tengah. Tidak sebarang kota Lombok Tengah ternyata, makanan ini hanya ditemukan di Warung Genggong milik Bapak Tohri.

Ayam pendem ini disajikan dengan nasi dan urap sebagai pelengkapnya. Harga sepaketnya adalah Rp80.000. Selain ayam pendem, makanan khas lainnya dari warung makan ini adalah bebek pendem.

Karena keunikan itu, ayam pendem banyak dicari orang. Banyak wisatawan lokal maupun internasional ketika tiba di Lombok Tengah biasanya mampir ke warung genggong untuk mencoba ayam pendem ini.

Reporter: Syamsul Arifin

Komentar

News Feed