oleh

PROGRAM JOKOWI 35.000 MW: Konsorsium Pertamina Menang Telak di Jawa 1?

JAKARTA, SiaranIndonesia.com – Konsorsium Pertamina dikabarkan berhasil memberikan harga termurah pada tender pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) Jawa 1‎. Kesimpulan ini didapatkan setelah PT PLN melakukan evaluasi harga yang digelar Kamis kemarin.

‎Perjalanan tender pembangkit berkapasitas 1.600 MW ini selalu menjadi perbincangan publik lantaran menjadi salah satu pembangkit berbahan bakar gas terbesar dalam proyek listrik unggulan Presiden Jokowi, Program Listrik 35.000 MW.‎‎

Konsorsium Pertamina yang dalam tender kali ini menggandeng dua raksasa dari Jepang, Marubeni dan Sojitz, berhasil unggul dari tiga kompetitornya yang sama-sama mengincar Jawa 1. Mereka adalah Adaro Energi-Sembcorp Utilities, Medco-Kepco dan Nebras, serta konsorsium Mitsubishi yang berpartner dengan JERA, Rukun Raharja dan PJB (anak perusahaan PT PLN).‎

Tuntasnya evaluasi administrasi dan harga tender PLTGU Jawa-1 menguatkan sinyalemen Direktur Pengadaan PLN Supangkat Iwan Santoso saat ditemui pada pameran listrik di Jakarta, Rabu lalu.

Dia mengatakan hasil evaluasi proyek PLTGU Jawa-1 ini bakal diumumkan dalam waktu dekat. “Akan kita umumkan minggu ini,” ujarnya kepada wartawan, Rabu lalu di Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Iwan juga menyampaikan perkara lahan yang akan dipakai untuk pembangunan pembangkit ini, menggunakan lahan reklamasi atau bukan. Menurut Iwan, PLN menyerahkan sepenuhnya masalah lahan ini kepada pemenang tender.

Persoalan lahan ini sempat ramai diperbincangkan karena muncul opsi reklamasi yang diajukan para peserta tender. Hal ini lantaran terdapat 2 pilihan titik serah listrik yakni di Muara Tawar (sekitar Teluk Jakarta) dan Cibatu Baru (Karawang).

Sayang, hingga berita ini diturunkan, Pertamina belum mau mengkonfirmasi kemenangan telak mereka di PLTGU Jawa-1. Ketua Konsorsium Pertamina-Marubeni-Sojits, Ginanjar, tidak merespons permintaan konfirmasi dari wartawan terkait hasil evaluasi proyek Jawa 1 ini.

Namun, Manajer Senior Public Relations PLN Agung Murdifi mengatakan proses tender PLTGU Jawa-1 masih tahap evaluasi dan validasi data. “Kita tunggu saja pengumuman resminya dua minggu ke depan,” kata Agung.

 

Editor: HM

Komentar

News Feed