oleh

Indonesia Siap Gelar Tafisa 2016

JAKARTA, SiaranIndonesia.com – Indonesia siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan The 6th Tafisa World Sports For All 2016 yang waktunya sudah semakin dekat yaitu pada 6 Oktober mendatang.

Kegiatan olahraga ini akan diikuti oleh 74 negara dengan jumlah peserta sekitar 6.881 orang dari luar dan dalam negeri, dengan memainkan 86 cabang olahraga. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani usai rapat koordinasi Tafisa 2016 dengan kementerian dan lembaga terkait di kantor Kemenko PMK di Jakarta, Kamis (29/6).

Menurutnya, Presiden RI Joko Widodo direncanakan akan membuka kegiatan ini. “Indonesia sudah siap melaksanakan Tafisa 6-12 Oktober 2016 yang Insya Allah akan dibuka oleh Presiden, dalam kegiatan ini juga akan ditampilkan dan diperkenalkan kepada dunia beberapa potensi olahraga rekreasi masyarakat dari 27 provinsi di Indonesia,” ujarnya.

Ia juga minta agar seluruh kementerian dan lembaga turut mendukung suksesnya kegiatan ini. “Tafisa merupakan event internasional dengan jumlah peserta yang besar dan butuh partisipasi segenap pihak. Tak kurang dari 19 kementerian dan lembaga terlibat dalam gelaran ini. Saya minta seluruh K/L mendukung dan menyukseskannya, pastikan seluruh persiapan sebaik-baiknya serta terlaksana dengan lancar, mari bergotong royong demi kesuksesan Tafisa,” ungkapnya.

Kementerian Pariwisata bertanggung jawab terhadap publikasi dan event kepariwisataan, Kementerian Perhubungan yang menangani sarana transportasi untuk mendukung Tafisa dengan menyediakan 246 bus untuk transport operasional dan antar venue, Kementerian Kesehatan menyediakan 14 posko kesehatan dan 13 RS rujukan, Kemenkum HAM melalui Imigrasi menyediakan counter khusus layanan imigrasi kepada delegasi Tafisa di bandara. Adapun Kominfo akan menyediakan fasilitas media center untuk 500 jurnalis.

Tafisa akan menggelar sejumlah kegiatan antara lain festival dan pertunjukan olahraga dan permainan tradisional; olahraga disabilitas, olahraga massal, olahraga khusus, festival kebugaran jasmani, kongres dan forum international, festival dan pertunjukan budaya, promosi budaya, pariwisata dan kuliner.

Selain itu akan dimeriahkan dengan pemecahan rekor dunia (Guiness Book of Record) untuk kegiatan ‘Engrang’ yang diikuti oleh 2.600 peserta dan ‘Zumba’ yang akan diikuti oleh 13.000 orang. Disamping itu, Tafisa 2016 akan dimeriahkan beberapa kegiatan pendukung diantaranya, jalan sehat massal dengan jumlah peserta 30.000 orang yang mengambil tempat di kawasan Benyamin Sueb, Kemayoran, serta kegiatan ‘Global Forum’ dengan tema ‘Active Cities’ yang akan dihadiri oleh 140 negara anggota Tafisa dan 260 peserta dalam negeri.

Tempat penyelenggaraannya adalah Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Ballroom Hotel Mercure, Pantai Marunda, Mall ABC Ancol, Putri Duyung Cottage dan Jakarta International Expo Kemayoran serta Taman Mini Indonesia Indah.

Editor: HM

Komentar

News Feed