oleh

Menkes: Virus Zika Meningkat Di Singapura, Perlu Keluarkan Travel Advisory

JAKARTA, Siaranindonesia.com-Berdasarkan permohonan Kementrian Kesehatan,  Kementrian Luar Negeri mengeluarkan travel advisory sebagai langkah antisipasi virus Zika yang sudah menyebar di negeri Singa itu.

“Kita mengeluarkan travel advisory. Kita sudah komunikasi dengan Kemlu karena itu harus ada travel advisory. Kami sudah mengeluarkan protect dari Negara kita tadi. Ungkap Menkes Nila Moeloek usai rapat dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Rabo 31 Agustus 2016.

Ia menilai meningkatnya virus Zika di Singapura sebagai pertimbangan langkah antisipasi dengan mengeluarkan travel advisory.

“kalau saya menghimbau karena ini ada travel advisory, artinya kita yang mau bepergian mungkin bias dipikirkan lagi. Kalau kepentingannya sangat penting boleh saja. Tetapi jika tidak terlalu penting mungkin bisa ditunda dulu” Ungkapnya.

Virus Zika menurutnya memiliki beberapa korelasi. Jika ibu hamil misalnya, jika sampai terjangkit Zika akan berakibat kepada anak yang terkena mikrosefali. Mikrosefali merupakan suatu kondisi seorang bayi yang lahir dengan kepala kecil karena otak mereka tidak berkembang sepenuhnya di dalam kandungan.

“kalau ibu hamil anaknya bisa terjadi mikrosefali, oleh karenanya jika bukan kunjungan pentingsebaiknya ditunda dulu.” Tegasnya.

Advisory travel secara resmi dikeluarkan per tanggal 1 september 2016 sebagai anjuran untuk tidak berkunjung ke Singapura. hbb

Komentar

News Feed