oleh

Indonesia Smart City Forum 2016 Digelar Di Bandung

Foto: attalicious
Foto: attalicious

BANDUNG, Siaranindonesia.com – Memiliki komitmen bersama menjadi smart city, sejumlah kepala daerah menghadiri Indonesia Smart City Forum (ISCF) 2016 yang digelar di Bandung 2-3 September 2016. Dalam forum tersebut pemerintah daerah sepakat untuk berkolaborasi bersama demi kemajuan kota dengan konsep Smart City.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berharap semua daerah di Indonesia berlomba-lomba memanfaatkan teknologi untuk kemajuan daerahnya.

“Saya bermimpi seluruh kota dan kabupaten di Indonesia merasa smart city itu sebagai kebutuhan dan bukan sekadar keren-kerenan,” kata Ridwan.

Dirinya mencontohkan aplikagi e-budgeting di Bandung, yang berhasil menghemat anggaran Rp 1 triliun. Sebelum menggunakan aplikasi tersebut, Pemkot Bandung kesulitan memonitor seluruh anggaran yang melibatkan 6000 kegiatan tersebut.

Dengan e-budgeting, Pemkot Bandung dengan mudah melihat setiap mata anggaran, termasuk mencoret anggaran yang tidak perlu.

Keberhasilan efisiensi itu berefek langsung pada kepentingan rakyat. Jika anggaran ke masyarakat sebelumnya hanya 52 persen, dengan efisiensi berbasis e-budgeting, angkanya meningkat menjadi 61 persen.

Meski demikian, membangun aplikasi membutuhkan usaha dan biaya tersendiri. Tidak semua daerah memiliki kapabilitas untuk melakukannya.

Untuk itu, kolaborasi antardaerah menjadi penting. Jika suatu daerah sudah memiliki aplikasi kota cerdas, mereka bisa menyumbangkan aplikasinya ke daerah lain.

“Jadi tidak perlu tiap daerah membangun aplikasi sendiri-sendiri,” kata Ridwan.

Kolaborasi itu dapat mengefisienkan penggunaan anggaran untuk membangun sejumlah aplikasi yang penggunaannya hampir sama di tiap daerah, antara lain e-budgeting, perizinan online, dan administrasi sistem kependudukan.

Bandung yang memiliki sekitar 350-an aplikasi telah menyumbangkan aplikasi miliknya ke berbagai daerah, seperti Pekanbaru, Lombok, dan Bangka Selatan.

Pada acara Indonesia Smart City Forum nanti, akan lebih banyak daerah yang bersinergi dengan Bandung. Jika ISCF 2016 ini berhasil menggerakkan kolaborasi antar daerah maka Indonesia bisa menjadi contoh kiblat kesuksesan kota cerdas.(Adi)

Komentar

News Feed