oleh

10 Destinasi Menakjubkan Di Kebumen

Jakarta, siaranindonesia.com – Horreee !!! Week end telah tiba. Siaranindonesia .com kali ini akan menyajikan referensi destinasi liburan keluarga anda. Kali ini adalah destinasi-destinasi wisata di kota yang identik dengan burung Lawet, Kebumen.

Secara geografis kabupaten Kebumen terletak di sebelah barat kabupaten Purworejo, sebelah utaranya berbatasan dengan kabupaten Wonosobo, batas barat berbatasan dengan kabupaten Banyumas. Sedangkan sebelah selatan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Oleh karenanya, Kebumen dianugrahi pantai-pantai nan Indah di sepanjang pesisir selatan. Kita telusuri satu per satu yuk.

1. Pantai Menganti

Foto: tersapa.com
                                                                       Foto: tersapa.com

Pantai ini secara geografis terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, sekitar 1,5 jam dari pusat kota Kebumen. Pantai ini memang belum setenar Pantai Logending (Pantai Ayah) atau Pantai Karang Bolong karena aksesnya yang cukup sulit.

Meski aksesnya cukup sulit, pemandangan pantai ini jelas gak kamu temukan di pantai-pantai lainnya. Dengan dikelilingi perbukitan dan tebing nan hijau, pantai berpasir putih ini jadi tampak seperti sebuah tempat di Selandia Baru ala iklim tropis. Selain menikmati pantai yang memukau dan belum banyak dijamah wisatawan, kamu juga bisa menikmati makanan laut hasil tangkapan nelayan setempat.

2. Pantai Karang Agung

Foto: explore kebumen
                                                            Foto: explore kebumen

Mengunjungi Pantai Karang Agung seakan mengingatkanmu pada Tanah Lot di Pulau Dewata. Bagaimana tidak? Bebatuan karang menjulang, menghamparkan lanskap yang menarik. Ombak pantai selatan pun bersusulan dipecah karang.

Pantai yang dikeramatkan oleh warga setempat ini memang tersembunyi di balik deretan perbukitan karet Gombong Selatan. Untuk sampai ke pantai yang sunyi ini, kamu perlu melewati jalan setapak selama sekitar setengah jam dari Desa Argopeni, Kecamatan Ayah.

3. Pantai Pecaron

Foto: Wildan Hidayat/republika
                                            Foto: Wildan Hidayat/Republika

Kalau kalian ke menganti tak lengkap rasanya jika belum mampir ke pantai yang sayu ini. Untuk sampai ke pantai ini, kamu mesti melalui bukit yang terjal. Akses jalan ke pantai ini pun masih kurang bagus karena baru dibuka. Tapi, selepas itu kamu akan menemukan pantai yang indah tapi sunyi, hanya suara debur ombak yang bersahut-sahutan memecah keheningan.

4. Curug Wadasmalang

Foto: Heriherianto
                                Foto: Heriherianto

Selain wisata pantainya Kebumen juga dianugrahi wisata alam lainnya. Salah satunya adalah Curug Wadasmalang. Di tempat ini kamu bisa menikmati sensasi air terjun yang indah sembari menghirup udara segar pegunungan Wadasmalang.

Dari pusat kota Kebumen kamu bisa menuju ke Wadasmalang via Krakal. Dan ikuti arah jalur ke utara. Kamu tidak akan kebingungan karena petunjuk jalan ada disepanjang jalan menuju ke lokasi.

5. Pentulu Indah

Foto: Ilham Maulana
                                                                Foto: Ilham Maulana

Kebumen utara merupakan dataran tinggi. Oleh karenanya wisata yang ditawarkan adalah keindaham pegunungan. Salah satunya adalah Pentulu Indah.

Untuk mencapai lokasi ini, kamu bisa memakai jalur utara dari pasar mertakanda ke arah Karang sambung. Kamu akan melewati bumi perkemahan Widara payung setelah itu sampai LIPI. Dilokasi inilah kamu tinggal menuju ke lokasi Pentulu Indah.

Di tempat inilah kamu akan merasakan udara segar hutan kebumen utara. Selain itu kamu bisa naik ke panggung-panggung pohon pinus untuk melihat lapisan-lapisan pegunungan Kebumen utara sambil berselfie ria.

6. Pantai Suwuk

Foto: Ninik Becker
                                                                     Foto: Ninik Becker

Pantai Suwuk juga merupakan salah satu pantai yang cukup ramai dan menjadi salah satu wisata andalan di Kebumen. Setiap harinya pantai ini tak pernah sepi pengunjung. Pantai Suwuk berada di desa Suwuk, kecamatan Puring. Sekitar 50 km dari kota Kebumen. Pantai ini merupakan tetangga sebelah dari Pantai Karangbolong. Sebagai salah satu objek wisata yang cukup ramai dan terkenal, pantai Suwuk memiliki beberapa fasilitas yang terbilang lengkap. Di pantai ini Anda bisa menjelejah pantai sambil menunggang kuda. Di pantai ini terdapat sebuah pesawat Garuda Boeing 737 yang sekaligus menjadi salah satu daya tarik pantai.

7. Goa Barat

Foto:
                                                                                   Foto: Iqbal

Untuk kamu yang menyukai caving, sepertinya wajib untuk melakukan penjelejahan Goa Barat. Sebuah goa super keren yang terdapat di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah. Goa ini benar-benar alami dan memiliki pesona luar biasa

Di kedalaman goa ini terdapat air terjun yang mengalir indah setinggi kira-kira 32 meter. Pesona stalaktit dan stalakmit di goa ini akan membuat mulut tak henti-henti mengucap kekaguman. Untuk menjaga kondisi goa agar tetap natural, pengunjung goa dibatasi. Biasanya hanya diperbolehkan 10 orang dalam satu kunjungan. Itupun dengan seorang pemandu. Goa ini dibuka untuk tujuan wisata minat khusus pada tahun 2012 yang dikelola oleh masyarakat setempat.

8. Bendungan Sempor

Foto:
                                                             Foto: diasporakebumen

Waduk Sempor merupakan sebuah waduk cantik yang menawarkan indahnya pesona alam di sekelilingnya. Hijaunya pemandangan di sekitar waduk mampu menghadirkan kesejukan di mata dan pikiran.

Waduk Sempor berada di Desa Sempor, kecamatan Sempor. Sekitar 4 km dari Gombong. Waduk ini mulai dibangun pada tahun 1958 dan selesai tahun 1978. Waduk Sempor mampu menghadirkan kesejukan di tengah udara kebumen yang relatif panas.

9. Arum Jeram Pedegolan

Foto:
                                                                                     Foto: anto

Wisata arum jeram ini bisa di mulai dari Desa Sendang Dalem, Kecamatan Prembun, kawasan Waduk Lintang Kebumen dan dengan lokasi finish berada du Bendungan Pejengkolan. Karateristik sungainya sendiri berkelok-kelok dengan dihiasi batu-batu besar dan arus yang lumayan deras bakal membuat adrenalin para penelusur naik.

10. Pantai Karang Bolong

Foto: Septidiahsukmawati
                                                       Foto: Septidiahsukmawati

Wisata pantai di Kebumen yang tak kalah menarik adalah Pantai Karangbolong. Pantai ini terletak di Kecamatan Ayah. Jika dari pusat kota Kebumen jaraknya kurang lebih 40 km. Di kawasan pantai karangbolong ini terdapat Gua Karangbolong yang terletak di sisi timur. Goa ini diperkirakan telah ada sejak 15 sampai 30 juta tahun yang lalu. Sehingga goa ini dimanfaatkan untuk sarang burung lawet.

Komentar

News Feed