oleh

Menkeu: Tumbuh Rata-Rata 5 Persen, Indonesia Tidak Krisis!

Jakarta, Siaranindonesia.com – Pertumbuhan ekonomi yang rata-rata 5 persen setiap tahunnya diyakini Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati akan menjaga Indonesia dari Krisis. Seperti tahun ini perekonomian Indonesia ditargetkan tumbuh 5.2 persen.

“Ekonomi Indonesia tidak mengalami krisis. Ekonomi kita masih tumbuh 5 persen dibanding negara lain. Jadi 5 persen is not crisis at all,” kata Sri Mulyani di Jakarta, seperti ditulis Jumat (26/8/2016).

Namun dirinya memiliki catatan bahwa pemerintah perlu melakukan beberapa langkah untuk penyelamatan fiskal karena ada beberapa yang tidak selaras pada level makro, mikro dan sektoral. Sehingga pemerintah perlu melakukan penyesuaian belanja atau pemotongan anggaran.

“Kita perlu melakukan adjustment, supaya tidak menjadi gangguan kronis dan justru menjatuhkan bahkan menciptakan krisis kepercayaan,” ucap Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Menurut Sri Mulyani, pemerintah Indonesia maupun parlemen akan menaati UU sebagai produk hukum, termasuk UU Keuangan Negara. Tidak tiba-tiba memutuskan defisit dilebarkan 10 persen atau 15 persen, bahkan bisa menyebabkan pembahasan suatu kebijakan terhenti alias deadlock hingga berdampak pada penolakan DPR atas kebijakan pemerintah.

“Kita masih punya ruang fiskal walaupun tidak selebar yang dibayangkan sebelumnya. Kita akan lihat realisasi penerimaan APBN-P 2016 setiap saat, dan berpatokan keras bahwa maksimum defisit anggaran 3 persen dari PDB tanpa mengurangi alokasi belanja untuk pendidikan, kesehatan, infrastruktur,” tuturnya. (Hbb)

Komentar

News Feed