Irgan Gelar Sosialisasi Bersama Pelajar Tangerang

  • Bagikan

SiaranIndonesia.com, Tangerang – Kualitas bangsa turut ditentukan oleh kualitas pendidikan dari bangsa tersebut. Begitulah ungkapan dari sang proklamator Indonesia, Soekarno. Barangkali hal inilah yang melandasi penyelenggaraan sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang di gelar di oleh anggota DPR RI Irgan Chairul Mahfidz di SMAN 8 Kota Tangerang (22/02).

Acara sosialisasi yang digelar di aula SMAN 8 Kota Tangerang tersebut di ikuti oleh sekitar 150 pelajar yang terdiri dari kelas 1 sampai dengan kelas 3.

Dalam kesempatan tersebut Irgan menjelaskan, pancasila merupakan dasar negara dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga kita harus bisa mempertahankan pancasila.

“Pancasila adalah dasar negara yang paten untuk dijaga seutuhnya sebagai kekuatan NKRI” tegas politisi partai berlambang ka’bah tersebut.

Ia menekankan bahwa para pelajar hari ini merupakan tumpuan untuk generasi bangsa yang akan datang, oleh karenanya pemahaman tentang kehidupan berbangsa dan bernegara harus menjadi pondasi yang kokoh, sehingga bangsa ini akan menjadi bangsa yang kuat dan berbudaya.

Lebih lanjut Irgan menjelaskan bahwa gagasan ini hendaknya diartikan sebagai peringatan bagi bangsa Indonesia dengan menempatkannya menjadi pedoman hidup masyarakat. Empat pilar kebangsaan yang setelah dimaknai dan diketahui seluruh masyarakat Indonesia, harus benar-benar diterapkan.

“Maka bagi adik-adik yang telah tersosialisasi dan menerapkan atau mengimplementasikan empat pilar kebangsaan ini, maka telah terwujudlah manifesto nilai-nilai kebangsawanan pada dirinya,” ujarnya

Diakhir kesempatan Irgan berharap keempat pilar yakni masing-masing Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika terus dikembangkan.

Seperti diketahui dasar hukum sosialisasi ini adalah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,  Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD Peraturan MPR Nomor 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia.

  • Bagikan

Comment