oleh

Gatot Sudjito: Pancasila Diamalkan, Tak Hanya Dihafal

TRENGGALEK, SiaranIndonesia.com – Dihadapan seluruh siswa-siswi SMA GUPPI, Trenggalek, anggota MPR RI, Dr. Gatot Sudjito menyampaikan pentingnya mengamalkan Pancasila dari padahanya sekedar menghafalkannya, hari ini (04/08). Menurutnya, menghafalkan tanpa mengamalkan, Pancasila akan sisa-sia. Tetapi, di dalam mengamalkan sudah masuk aspek menghafalkan.

Para siswa diajak untuk lebih banyak mengamalkan Pancasila di dalam berbangsa dan bernegara. Kondisi bangsa saat ini mengharuskan Pancasila diamalkan dalam seluruh sendi kehidupan, baik di rumah maupun di sekolah.

“Adik-adik, kita terlalu sering hanya menghafalkan, tetapi lupa untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan kita sehari-hari, “ demikian ditegaskan anggota DPRI RI yang berangkat dari Dapil Jawa Timur VII ini dengan disambut meriah oleh para siwa-siswi.

Di dalam mengamalkan Pancasila, Gatot mengungkapkan ada banyak tantangan yang akan dihadapi oleh para generasi muda, khususnya para pelajar Indonesia. Tantangan yang akan dihadapi para remaja menurut Gatot diantaranya pengaruh budaya luar.

“Tantangan budaya luar seperti pergaulan bebas dan budaya hura-hura yang melalaikan generasi muda untuk memikirkan dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan bangsa di masa depan,” Gatot menjelaskan.

Kemajuan teknologi informasi yang tidak dapat dihindari menjadi pintumasuk yang paling intensif terhadap berbagai budaya luar yang dapat mengancam generasi muda. Karena itu, Gatot menyarankan agar penguatan ideologisasi Pancasila dimassifkan dengan berbagai metodologi dan pendekatan.

“Perubahan dan perkembangan zaman yang demikian cepat, mengharuskan kita untuk memikirkan sarana dan metode yang tepat dalam menginternalisasikan nilai-nilai empa tpilar, khususnya nilai Pancasila,” pungkas politisi partai berlambang beringin tersebut. []

 

Komentar

News Feed