oleh

Awasi Perairan, Lapan Kembangkan Drone

SEMARANG, SiaranIndonesia.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengaku tengah mengembangkan drone. Langkah ini dilakukan untuk mengawasi wilayah perairan Indonesia.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir mengatakan, Lapan tengah mengembangkan drone yang mampu mengawasi kawasan perairan Indonesia dari serbuan kapal-kapal pencuri ikan.

“Mendukung program Presiden Joko Widodo, riset tengah dilakukan untuk membantu mengawasi perairan dari masuknya kapal-kapal asing. Riset ini dilakukan Lapan,” kata nasir di Semarang, Jumat malam (30/1).

Pernyataan itu diungkapkan oleh Nasir di sela peluncuran buku berjudul “100 Tokoh Jawa Tengah”. Buku ini berisi profil Sejumlah tokoh berpengaruh dari berbagai bidang di provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Nasir sendiri termasuk salah satu dari 100 tokoh berpengaruh di Jateng versi buku yang diprakarsai oleh tokoh Jateng Bambang Sadono. Saat ini Bambang termasuk anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Lebih lanjut Nasir menjelaskan, riset yang dilakukan pada pembuatan peralatan pendukung, yakni drone untuk membantu mengawasi perairan Indonesia dari masuknya kapal-kapal asing pencuri ikan.

Sejauh ini pengembangan riset itu sudah mampu menciptakan prototipe drone yang mampu melaju sejauh 200 kilometer. Dengan begitu, pesawat tanpa awak itu bisa membantu mengawasi kapal-kapal pencuri ikan yang masuk.

“Sekarang ini sedang dikembangkan. Pesawat tanpa awak itu akan dilengkapi kamera, bisa membantu mengawasi jika ada illegal fishing di perairan Indonesia,” kata Guru Besar Universitas Diponegoro Semarang itu. ANT/AS

Drone

Komentar

News Feed